Assalamu'alaikum Sore akhie ukhtie..
Sebelom ane manjawab semua pertanyaan dari akhie Beny yang menanyakan soal Ruqyah..
Ada baeknye kita mesti tau sebenernye ape sich Ruqyah itu'?
Ruqyah,
jama’nya adalah “ruqaa”, yaitu bacaan-bacaan untuk pengobatan yang
syar’i (yaitu didasarkan pada riwayat yang shahih, atau sesuai dengan
ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh para ‘Ulama). Dengan kata
lain “Ruqyah” adalah suatu cara untuk mengobati guna-guna, sihir, dan
penyakit lainnya menurut Al-Qur’an dan Sunnah.
Penyembuhan dengan
Al-qur’an dan apa yang dicontohkan dan ditegaskan oleh Nabi Muhammad
SAW, merupakan penyembuhan yang bermanfaat sekaligus sebagai penawar
yang sempurna.
Allah SWt berfirman :
“Dan Jikalau kami
jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah
mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" apakah
(patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab?
Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang
mukmin. dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada
sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka . mereka itu
adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh.”
“Dan kami
turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi
orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada
orang-orang yang zalim selain kerugian”.
“Hai manusia,
Sesungguhnya Telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh
bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta
rahmat bagi orang-orang yang beriman”.
Al-Allamah Ibnul
Qayyim rahimallah mengemukakan “Barangsiapa yang tidak dapat
disembuhkan oleh Al-Qur’an, berarti Allah tidak memberikan kesembuhan
kepadanya. Dan barang siapa tidak dicukupkan oleh Al-Qur’an, maka Allah
tidak memberikan kecukupan kepadanya.”
Setelah ane
kemukakan tentang definisi dari ruqyah dan beberapa ayat yang menyatakan
tentang fungsi Al-qur’an sebagai “Asy-Syifa’ (penyembuh)“, maka
jelaslah sudah jika hukum dari ruqyah adalah “boleh”.
Para Ulama’ pun juga sepakat bahwa ruqyah diperbolehkan dengan beberapa syarat, diantaranya :
- Ruqyah itu dengan menggunakan firman Allah SWT atau asma’ dan sifatnya atau Sabda Nabi SAW.
- Ruqyah itu boleh diucapkan dalam bahasa arab atau bahasa lain yang difahami maknanya.
- Harus diyakini bahwa bukanlah dzat ruqyah itu sendiri yang memberikan pengaruh, tetapi yang memberikan pengaruh adalah kekuasaan Allah SWT, sedangkan ruqyah hanyalah salah satu sebab/sarana saja. Atau dengan kata lain ruqyah ini diperbolehkan asalkan tidak mengandung unsur kemusyrikan.
Mengenai pendapat tentang hukum ruqyah itu
“HARAM” dengan dalih bahwa pengkhususan pembacaan ayat-ayat al-qur’an
yang dibaca dengan suatu niat atau fungsi dan maksud yang tertentu serta
dengan dalih bahwa ruqyah akan menghilangkan atau mengurangi
ke-tawakal-an kita kepada Allah SWT, maka berikut akan ane bahas dan
ketengahkan beberapa dalil untuk membantah pendapat tersebut yang
didasarkan pada beberapa dalil naqli maupun aqli.
Berdasarkan
dalil naqli yang disandarkan pada tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah dari
Rasulullah Muhammad SAW, seperti yang tertera dalam syarat dibolehkannya
ruqyah menurut pendapat ulama’ adalah terdapat contoh atau pernah
dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW maupun sahabat. Oleh karena itu
berikut akan ane ketengahkan disini beberapa dalil yang membuktikan
bahwa ruqyah pernah dilakukan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW
maupun para shohabat.
DALIL PERTAMA
عن عائشة زوج
النبى صلى الله عليه وسلم النها قالت : كان أذ اشتكى رسول الله صلى الله
عليه و سلم رقاه جبريل قال: بسم الله يبريك ومن شر حاسد أذ حسد وشر كل ذى
عين
Dari ‘Aisyah r.a. Istri Rasulullah SAW, katanya
: Bila Rasulullah SAW sakit, jibril datang memanterainya. Ucap Jibril,
“Bismillahi yudrika, wa min kulli daa-in yusyfiika, wa min syarri
hasidin idza hasad, wa syarri kulli dzi’ainin. ” (Hadits Shahih Riwayat
Muslim, No. 2047)
DALIL KEDUA
عن أبى سعيدان جبريل
أتى النبى صلى الله عليه وسلم فقال: يا محمدا شتكيت ؟ فقال نعم قال بسم
الله ارقيك من كل شئ يؤذيك من شر نفس او عين حاسد الله يشفيك بسم الله ارقي
”
Dari Abi Sa’id r.a. katanya :” Jabril datang kepada Nabi SAW lalu
bertanya :” Ya, Muhammad ! apakah engkau sakit ?” Jawab beliau :” Ya !”
Lalu Jibril membaca membaca mantera , “Bismillahi arqiika min kulli
sya-i-in yu’dziika, min syarri nafsin au ‘ainin hasidin, Allohu
yasyfiika, bismillahi arqiika “ (Hadits Shahih Riwayat Muslim No. 2048)
DALIL KETIGA
عن
عائشة قالت كان رسول الله صلى الله عليه و سلم أذ اشتكى منا أنسان مسحه
بيمنه ثم قال : أذ هب البأس رب الناس واشف أنت الشافى, لا شفاء ألا شفاؤك
شفاء لايغادر سقاما
“Dari ‘Aisyah r.a. katanya :”
Apabila salah seorang diantara kami sakit, Rasulullah SAW memegangnya
dengan tangan kanan, lalu beliau ucapkan :”Adzhibil ba’sa rabban naas,
wasyfi, antasy syaafi, laa syifa-a illa syifa-uka syifaan laa yughadiru
saqooman .... (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 2052)
DALIL KEEMPAT
عن
عائشة قالت كان رسول الله صلى الله عليه و سلم أذ مرض احد من اهله نفث
عليه بالمعوذات فلما مرض مرضه الذى مات فيه جعلت أنفث عليه وامسحه بيد نفسه
لا نها كانت اعظم بركة من يدى
“Dari ‘Aisyah r.a.
katanya:” Apabila salah seorang istri Rasulullah SAW. sakit, beliau
tiupkan kepadanya surat-surat al-mu’awwidzat . Maka tatkala beliau sakit
hampir meninggal, kutiupkan pula kepadanya dan kusapukan tangannya
ketubuhnya, karena tangan beliau labih besar barakahnya daripada
tanganku.” (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 2053)
DALIL KEEMPAT
عن
عائشة أن النبى صلى الله عليه و سلم كان أذ اشتكى يقرأ على نفسه بالمعوذات
وينفث فلما استد و جعه كنت اقرا عليه ومسح عنه بيده رجاء بركتها
“Dari
‘Aisyah r.a. katanya :” Nabi SAW sakit, lalu beliau beca untuk dirinya
sendiri surat mu’awwidzat, kemudian beliau tiupkan. Tatkala sakit beliau
bertambah keras, kubacakan surat-surat itu diatasnya, kemudian
kusapukan dengan tangannya sambil mengharapkan barakah daripadanya”
(Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 2054)
DALIL KELIMA
عن
عبد الرحمن الاسواد عن ابيه قال سألت عائشة عن الرقية فقالت رخص رسول الله
صلى الله عليه و سلم لاهل بيت من الانصار فى الرقية من كل ذى حمه
“Dari
‘Abdurrahman Al-Aswad, dari bapaknya r.a. katanya :” Aku pernah
bertanya kepada ‘Aisyah tentang mantera. Jawabnya:” Rasulullah SAW
membolehkan suatu keluarga Anshar melakukan mantera untuk setiap
penyakit demam” (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 2055)
DALIL KEENAM
عن
عائشة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم كان أذ اشتكى ألانسان الشئ منه او
كانت به قرحة او جرح قال النبى صلى الله عليه و سلم باصبعه هكذا ووضع
سفيان سبابته بالارض ثم رفعها باسم الله تربه ارضنا بريقة تعضنا ليسفى به
سقيمنا باذن ربنا
“Dari ‘Aisyah r.a. katanya :” Apabila
seseorang mengadukan suatu penyakit yang dideritanya kepada Rasulullah
SAW., seperti sakit bisul, kudis atau luka, maka Nabi SAW berucap sambil
menggerakkan ana jarinya seperti ini – Sufyan meletakkan telunjuknya ke
tanah kemudian mengangkatnya – Bismillahi turbatu ardhina biriqati
ba’dhina bi yusyfaa bihi saqiimuna bi idzni rabbinaa” (Hadits Shahih
Riwayat Muslim, No. 2056)
DALIL KETUJUH
عن عائشة قالت كان رسول الله صلى الله عليه و سلم بأمرنى ان استرقى من العين
“Dari
‘Aisyah r.a. katanya :” Rasulullah SAW menyuruhku supaya memanterai
penyakit dari pengaruh pandangan mata”. (Hadits Shahih Riwayat Muslim,
No. 2057)
DALIL KEDELAPAN
عن أنس قال رجص رسول الله صلى الله عليه و سلم فى الرقية من العين والحمة والنملة
“Dari
Anas r.a. katanya :” Rasulullah SAW membolehkan memanterai penyakit
karena pengaruh pandangan mata, penyakit demam, dank arena gigitan
serangga.” (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 2058)
DALIL KESEMBILAN
عن
جابر بن عبدالله يقول رجص النبى صلى الله عليه و سلم لال حزم فى رقية
الحية وقال لاسماء بنت عميش مالى ار اجسام بنى أخى ضارعة تصيبهم الحاجة
قالت لاولكن العين تسرع اليهم قال ارقيهم قالت فعرصت عليه فقال : ارقيهم.
(راوه المسلم فى صححه)
“Dari Jabir bin ‘Abdullah r.a.
katanya :” Rasulullah mebolehkan keluarga Hazm memanterai bekas gigitan
ular.” Dan beliau bertanya kepada Asma’ binti ‘Umaisy, “ kelihatannya
tubuh anak saudaraku ini kurus kering. Apakah mereka kurang makan ?”
Jawab Asma’, Tidak! Mereka terkena penyakit pengaruh pandangan pandangan
mata.” Sabda Nabi SAW.” Manterailah mereka !” Lalu kuminta agar beliau
sudi memanterai mereka. Tetapi beliau mengatakan “Manterailah mereka
oleh kalian.” (Hadits Shahih Muslim, No. 2060)
DALIL KESEPULUH
عن
جابر بن عبدالله يقولو لدغت رجلا منا عقرب ونحن جلوس مع رسول الله صلى
الله عليه و سلم فقال يا رسول الله : أرقى ؟ قال من استطاع منكم ان ينفع
اخاه فليفعل
“Dari Jabir bin Abdullah r.a. katanya :”
Seorang laki-laki dari keluarga kami digigit kata ketika kami sedang
duduk bersama Rasulullah SAW. Lalu berkata seorang laki-laki: “ Ya
Rasulallah ! Bolehkah aku memanterainya ?” Jawab beliau: “ Siapa yang
sanggup diantara kalian menolong saudaranya. hendaklah dilakukannya.”
(Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 2061)
DALIL KESEBELAS
عن
جابر قال نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم عن الرقى فجاء آل عمرو بن حسم
الى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقالو يارسول الله انه كانت عندنا رقية
نرقى بها من العقرب وانك نهيت عن الرقى قال فعرضوها عليه فقال ماارى بأسا
من استطاع منكم ان ينفع اخاه فلينفعه
“Dari Jabir r.a.
katanya :” Rasulullah SAW. pernah melarang melakukan mantera. Lalu
datang keluarga Amru bin Hazm kepada beliau seraya kata mereka:” Ya
Rasulallah ! Kami mempunyai mantera untuk gigitan kala. Tetapi Anda
melarang melakukan mantera. Bagaimana itu ?” Lalu mereka memperagakan
mantera mereka dihadapan beliau. Sabda beliau, tidak ada jeleknya. Siapa
yang sanggup diantara kalian memanfaatkan mantera untuk menolong
saudaranya, hendaklah dimanfaatkannya (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No.
2062)
DALIL KEDUA BELAS
عن عوف بن
مالك لاسجعى قال كان نرقى فى الجهلية فقلنا يا رسو ل الله كيف ترى فى ذلك ؟
فقال : أعرضوا على رقاكم لا بأس بالرقى مالكم يكن فيه شرك
“Dari
‘Auf bin Malik Al Asyja’i r.a. katanya :” Kami biasa melakukan mantera
pada masa jahiliyyah. Lalu kami bertanya kepada Rasulullah SAW., Ya,
Rasulallah ! Bagaimana pendapat anda tentang mantera ?” Jawab beliau,”
Peragakanlah manteramu itu dihadapanku. Mantera tidak ada salahnya
selama tidak mengandung syirik.” (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No.
2063)
DALIL KETIGA BELAS
و عن سعيد بن وقاص رضى الله عنه قال : عادنى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقال : أللهم اشف سعدا, أللهم اشف سعدا, أللهم اشف سعدا.
“Dari
Sa’id bin Abu Waqqash r.a. ia berkata :” Rasulullah SAW, menjenguk
saya, kemudian berdo’a :” Allahummasyfi sa’dan, Allahummasyfi sa’dan,
Allahummasyfi sa’dan . (H.R. Muslim)
Dari berbagai
hadits yang ane kemukakan diatas, jelas sudah bahwa ruqyah pernah
dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sunnahnya dan Nabi juga
memperbolehkannya sebagaimana tertera pada hadits-hadits diatas.
Bahkan,
dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim diatas –yakni nomor
2057, 2060, 2061-Nabi memerintahkan jika mampu untuk menggunakannya guna
menolong saudaranya (orang lain), maka hendaklah dilakukannya.
Sedangkan
mengenai pengkhususan pembacaan ayat tertentu yang digunakan untuk
meruqyah, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkannya dengan pembacaan Surat
Al-Mu’awwidzat yakni surat al-falaq dan an-nas..
"Semoga jadi ilmu yang manfaat"