Selasa, 30 Agustus 2016

KEUTAMAAN SURAT AD DUKHAN

01.31.00 Posted by Admin 2 comments

Assalamu'alaikum Akhie Ukhtie..
Surat Ad Dukhan (bahasa Arab:الدخان) adalah surat ke 44 dalam Al-Qur’an. Surat ini tergolong surat ‘makkiyah’ yang terdiri atas 59 ayat. Dinamakan Ad Dukhan kerana kata Ad Dukhan yang terdapat pada ayat 10 yang berarti ‘Kabut, Awan atau Asap’.

Ia mengandung amarah Allah SWT terhadap kaum kafir musyrik yang menentang Nabi Muhammad SAW bahwa mereka akan ditimpakan azab semasa langit membawa asap kemarau yang menyebabkan kesengsaraan yang amat dashyat..

Terdapat beberapa hadist Rasulullah SAW yang menyatakan fadhilah, faedah dan hikmah bagi mereka yang mengamalkan membaca surat Ad Dukhan ini, diantaranya:

1.  Dari Khalil bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Di dalam Al Quran terdapat 7 surat yang dimulai dengan Haa Miim, akan datang di depan setiap pintu neraka jahanam dan memohon kepada Allah SWT dengan mengatakan, “Ya Allah! Janganlah Engkau masukkan ke dalam neraka orang ini yang percaya kepadaku dan membacaku.” (HR. Al Baihaqi).

2.  Dari Zaid Ibnu Haritsah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda kepada Ibnu Zayyad, “Sesungguhnya aku simpan sesuatu, maka apakah ia?. Maka Nabi SAW simpan baginya surat Ad Dukhan, maka Rasulullah SAW bersabda, dia ialah (Ad Dukhan) dan bersabda lagi, Pergilah. Masyaallah, kemudian dia pergi”.

3.  Dari Abi Ja’far r.a., beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda: 
“Orang yang membaca surat Ad Dukhan dalam shalat² fardhu dan nafilahnya (sunatnya), maka Allah akan membangkitkannya bersama orang² yang mendapatkan penjagaan Allah pada hari Kiamat, menaunginya di bawah Arsy-Nya, menghisabnya dengan mudah dan memberi kitab (catatan amal) nya dari sebelah kanannya.” (HR.Abu Hamzah Tsumali)

BILA DI BACA DI MALAM JUM'AT

1.
سنن الترمذي ٢٨١٤: عَنْ أَبِ هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حم الدُّخَانَ فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ غُفِرَ لَه

Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca HAA MIIM (surat) Ad Dukhan pada malam jum'at, maka (dosa-dosanya) akan diampuni." (HR.Thirmidzi no.2814)

2.
تفسير القرطبي - (ج 16 / ص 125) : عن أبي أمامة قال : سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول : ( من قرأ حم الدخان ليلة الجمعة أو يوم الجمعة بنى الله له بيتا في الجنة).

Dari Abu Umamah r.a, bahwa sesungguhnya dia telah mendengar Rasulullah bersabda : "Barang siapa yang membaca surat Haamimm ad Dukhaan pada malam Jum'at atau pada hari Jum'at Allah akan membangunkan untuknya satu rumah di Syurga ". (HR.Thabrani)

3.  Disebutkan dalam tafsir Al Burhan, dari Nabi SAW bersabda,
“Orang yang membacanya (surat ad Dukhan) pada malam Jum'at, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”  Baginda SAW juga bersabda, “Orang yang membaca surah ad Dukhan pada malam Juma'at akan dimintakan ampun (atas dosa-dosanya) menjelang paginya oleh 70.000 Malaikat.

KHASIAT AYAT² DARI SURAT AD DUKHAN

• Mengamalkan membaca keseluruhan surah Ad Dukhan ini, akan selamat dari segala gangguan.

• Khasiat ayat 12, Dijauhkan daripada ditimpa bala.

• Khasiat ayat 59, dapat membantu memenangi berhujah.

• Membaca surat Ad Dukhan setelah Surat Yasin pada malam Jum'at dapat menyelamatkan kita dari huru hara di Padang Mahsyar.

"Semoga bisa menjadi ilmu dan amalan yang manfaat"

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,,

Subhanallah,
terimakasih utk postingan ini,
ijin bookmark, dan share

wassalam,

Unknown mengatakan...

menambah semangat saya baca Qur'an