Sabtu, 19 November 2016

SHALAWAT AL FATIH

00.40.00 Posted by Admin 9 comments


Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Melanjutkan pertanyaan dari Akhi Hery Sutrisno di Kelapa Dua Depok, yang menanyakan mengenai Keutamaan dan Manfaat Shalawat Al Fatih, berikut penjelasannya..

Diantara sekian banyak sighat shalawat nabi yang utama dan terkenal salah satunya adalah Shalawat Al Fatih. Shalawat ini memiliki rahasia² khusus dan Insyaa Allah orang yang istiqamah mengamalkannya akan diampuni segala dosanya oleh Allah ta'ala. Shalawat ini cukup umum di telinga masyarakat Indonesia karena sering di baca dalam berbagai majelis dan pengajian. Inilah bukti bahwa shalawat ini memang sangat masyur dan telah di baca kaum muslimin sejak jaman dahulu hingga sekarang.

Seperti apa sich yang namanya Shalawat Al Fatih itu? Manfaat dan keutamaan apa saja yang di peroleh bagi yang mengamalkannya'?

Shalawat Al Fatih itu adalah sebagai berikut..

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أَُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيمِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadin al-Faatihi limaa ughliq wal khaatimi limaa sabaq wan naashiril haqqa bil haqqi wal haadii ilaa shiraatikal mustaqiim shallallaahu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa ashhaabihi haqqa qadrihi wa miqdaarihil 'adziim..

Artinya:
"Ya Allah, bershalawatlah, bersalamlah dan berkatilah junjungan kami nabi agung Sayyidina MUHAMMAD shallallahu 'alaihi wa sallam yang merupakan sang pembuka segala sesuatu yang terkunci, dan sang penutup bagi yang telah lalu, sang penolong kebenaran dengan kebenaran, sang petunjuk kepada jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah bershalawat kepada beliau dan kepada keluarga serta para sahabat beliau dengan sebenar-benar kedudukan dan nilainya yang agung."

Manfaat dan Keutamaan Shalawat Al Fatih

Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Ala sayyidis Saadaat karya Syech Yusuf bin Ismail An Nabhani dijelaskan mengenai keutamaan shalawat Al Fatih sebagai berikut..

 وأما الصلاة الرابعة وهي اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق إلى آخرها. فقد ذكر سيدي أحمد الصاوي في شرحه على ورد الدردير أنها تسمى صلاة الفاتح وأنها تنسب لسيدي محمد البكري وذكر أن من صلى بها مرة واحدة فيع مره لا يدخل النار قال بعض سادات المغرب أنها نزلت عليه في صحيفة من الله

Artinya:
"Adapun shalawat yang keempat yang berbunyi _Allahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadin al Fatihi lima ughliq wal khaatimi limaa sabaq_ hingga akhir, maka sungguh Syech Al Imam Ahmad Ash Shawi telah menyebutkan dalam kitab syarahnya atas kitab Wird Ad-Dardir bahwasanya shalawat tersebut bernama shalawat Al Fatih dan sesungguhnya ia dinisbatkan kepada Syech Muhammad Al Bakri. Dan disebutkan pula bahwasanya barangsiapa yang bershalawat dengan shalawat tersebut sebanyak satu kali dalam hidupnya maka ia tidak akan masuk neraka. Sebagian kaum terpandang negeri Maghrib menyatakan bahwasanya shalawat Al fatih ini diturunkan langsung dari Allah ta'ala dalam bentuk shahifah atau lembaran."

وقال بعضهم المرة منها تعدل عشرة آلاف وقيل ستمائة ألف من داوم عليها أربعين يوماً تاب الله عليه من جميع الذنوب ومن تلاها ألف مرة في ليلة الخميس أو الجمعة والاثنين اجتمع بالنبي صلى الله عليه وسلم وتكون التلاوة بعد صلاة أربع ركعات يقرأ في الأولى سورة القدر وفي الثانية الزلزلة كذلك وفي الثالثة الكافرون كذلك وفي الرابعة المعوذتين ويخر عند التلاوة بعود وإن شئت فجرب ا.ه

Artinya:
"Sebagian mereka menyatakan bahwa membaca shalawat ini satu kali sama nilainya dengan membaca shalawat 10.000 kali, bahkan ada dikatakan sebanding dengan 600.000 kali. Barangsiapa yang mendawamkan diri mengamalkannya selama 40 hari maka ia akan diampuni oleh Allah dari segala dosa, dan barangsiapa yang mengamalkannya sebanyak 1000 kali di malam kamis, malam jumat atau malam senin, maka ia akan berkumpul dengan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Adapun cara pengamalannya yaitu dengan membacanya setelah shalat empat rakaat yang mana rakaat pertama setelah Al fatihah membaca surah Al Qadr, rakaat kedua setelah fatihah membaca surah Az Zalzalah, pada rakaat ketiga setelah fatihah membaca surah Al Kafirun, dan rakaat keempat setelah fatihah membaca surah Al Mu'awwidzatain."

وذكرها الأستاذ السيد أحمد دحلان رحمه الله في مجموعته وقال أنها منسوبة لسيدي القطب الكامل السيد الشريف الشيخ عبد القادر الجيلاني رضي الله عنه. قال وهي مما هو نافع للمبتدىء والمنتهى والمتوسط فقد ذكر كثير من العارفين لها من الأسرار والعجائب ما تتحير فيه الألباب وأن من واظب عليها كل يوم مائة مرة انكشف له كثير من الحجب وحصل له من الأنوار وقضاء الأوطار ما لا يعلم قدره إلا الله ا.ه

Artinya:
 "Al Ustadz As Sayyid Ahmad Dahlan rahimahullahu menyebutkan shalawat al fatih di atas dalam kitab majmu'ahnya dan beliau berkata bahwasanya shalawat tersebut dinisbatkan kepada Sayyidi Al Quthb Syech Abdul Qadir Al Jilani radhiyallahu 'anhu, dan beliau juga berkata bahwa shalawat al fatih ini merupakan diantara amalan yang bermanfaat bagi para pemula, tingkat tinggi dan tingkat menengah. Sungguh, banyak ulama ahli makrifat telah menyebutkan rahasia² dan keajaiban² yang membuat mereka yang memiliki mata batin terkesima, dan sesungguhnya barangsiapa yang mendawamkan diri untuk mengamalkannya setiap hari sebanyak 100 kali maka akan tersingkap baginya berbagai hijab dan ia akan mendapatkan nur pencerahan dan kebutuhan²nya akan terpenuhi dengan satu nilai yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali hanya oleh Allah ta'ala."

ويؤيد أنها لسيدي محمد البكري كما قاله العارف الصاوي أن محدث الشام الشيخ عبد الرحمن الكزبري الكبير رحمه الله ذكرها مع جملة فوائد في خاتمة إجازته للشيخ البديري القدسي ونسبها لسيدي محمد البكري. فقال ومنها أي الفوائد الذي أخذها عن مشايخه الصيغة المنسوبة للأستاذ القطب محمد البكري أخذتها أيضاً عن بعضهم. ونقل أن صاحبها الأستاذ قال من قرأ هذه الصلاة مرة واحدة في عمره ودخل النار يقبضني بين يدي الله تعالى وهي اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق الناصر الحق بالحق الهادي إلى صراطك المستقيم صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه حق قدره ومقداره العظيم انتهت عبارة الكزبري وهي بلا واو عطف قبل الناصر وقبل الهادي

Artinya:
"Dikuatkan lagi bahwasanya shalawat al fatih di atas adalah milik sayyidi Syech Muhammad Al Bakri sebagaimana dikatan oleh Al Arif Ash Shawi bahwa seorang muhadits dari tanah Syam atau Syira sekarang yang bernama Syech Abdurrahman Al Kazbiri al Kabir rahimahullahu ta'ala menyebutkan shalawat di atas bersama beberapa faidah dalam khatimah kitab ijazahnya kepada Syech A Badiri Al Qudsi, dan beliau menisbatkannya kepada sayyidi Muhammad Al Bakri. Beliau berkata bahwa diantara faidah yang diambil dari para gurunya adaah ijazah dalam bentuk shalawat yang dinisbatkan kepada As Sayyid Al Quthub Muhammad Al Bakri yang dia juga dapatkan dari salah seorang kaum makrifat, dan disebutkan bahwa pemilik shalawat tersebut adalah beliau. Beliau berkata, "Barangsiapa yang membaca shalawat ini satu kali sepanjang umurnya, maka ia akan menjaganya dari genggaman Allah ta'ala.
Shalawat tersebut adalah sebagai berikut:

اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق الناصر الحق بالحق الهادي إلى صراطك المستقيم صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه حق قدره ومقداره العظيم

yang tanpa adanya wawu 'athaf sebelum lafal an Naashir dan sebelum lafal Al Haadii.."

Lalu bila ingin mengamalkan Shalawat Al Fatih ini waktu yang lebih afdhal itu kapan?
Mengenai shalawat al fatih, ane mendapatkan ijazah pengamalan langsung dari Syech Muhammad Alwi Al Maliki qaddasallaahu sirrahul 'aziiz, seorang ulama besar asal kota suci Makkah Al Mukarramah yang beliau juga dapatkan dari Syech Abdul Qadir Al Jilani. Bagi yang menginginkan sambung sanad ijazah shalawat fatih ini silakan mengetikkan "Qabiltu" dalam coment nanti dan diamalkan sesuai ijazah yang ane terima yaitu mengamalkannya sebanyak 100 kali setiap selesai shalat dzuhur."

Wallahu Waliyyut Taufiq'..

Semoga bisa menjadi ilmu dan amalan yang bermanfaat'..

SHALAT HADIAH

00.31.00 Posted by Admin No comments


Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Melanjutkan pertanyaan dari Akhi Ahmad Saikhu Zein di Kelapa Dua Depok, yang menanyakan mengenai Shalat Hadiah, berikut penjelasannya..

Sebenarnya apa sich shalat hadiah itu? Bagaimanakah status shalat hadiah dalam islam? Adakah dasar dalil tentang shalat ini? Dan apa pendapat para ulama tentang shalat hadiah'?

Kedengarannya memang aneh, kok ada "shalat hadiah". Yang ada, ya shalat lima waktu, atau shalat² sunnah seperti Dhuha, Tasbih, Witir, Hajat, Tahajjud, dan Istikharah. Istilah "shalat hadiah" ini dicari di kitab manapun tidak akan ditemui. Jadi, jika orang berniat : 'Ushalli sunnatan hadiyatan, ini jelas tidak mengena sasaran dan tidak diperkenankan. Sebab yang dimaksud adalah shalat yang pahalanya dihadiahkan kepada si mayit yang telah meninggal. Niatnya adalah melakukan shalat sunnah muthlak, yakni: Ushalli sunnatan rak'ataini lillahi ta 'ala..

Ada kebiasaan di sebuah kampung tertentu, bila acara pemakaman telah usai, di samping ada pengumuman Tahlil untuk setiap malamnya, ada juga pengumuman khusus bagi keluarga, yakni rembukan keluarga untuk bersama² mengerjakan shalat sunnah muthlak yang pahalanya dihadiahkan kepada si mayit yang telah meninggal. Jumlah rakaatnya tidak dibatasi. Yang mampu 2 rakaat silakan 2 rakaat dan yang mampu 4 rakaat silakan 4.

Hal ini berdasar kepada:

ولا تصح الصلوات بتلك النيات التي استحسنها الصوفية من غير أن يرد لها اصل فى السنة . نعم ان اطلق الصلاة ثم دعا بعدها بما يتضمن نحو استعاذة او استخارة مطلقة لم يكن بذالك بأس. اما حديث صلاة الهدية الذي ذكر فى الميهي فلا يعرف صحة رواية

Artinya:
"Tidak sah shalat dengan niat seperti yang dianggap baik kalangan sufi tanpa dasar hadits sama sekali. Jika melakukan shalat muthlak dan berdoa sesudahnya dengan sesuatu yang mengandung semisal isti'adzah atau istikharah maka shalat tersebut sah² saja. Mengenai hadits tentang shalat hadiah seperti termaktub di dalam kitab al Mauhibah, hal itu tidak diketahui keshahihan perawinya. (Tuhfat al Muhtaj Juz II, Bab Shalat Isyraq)

DALIL yang berkaitan dengan SHALAT HADIAH

روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لا يأتى على الميت أشد من الليلة الأولى, فارحموا بالصدقة من يموت. فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ فيهما: أي في كل ركعة منهما فاتحة الكتاب مرة, وآية الكرسى مرة, وألهاكم التكاثر مرة, وقل هو الله أحد عشر مرات, ويقول بعد السلام: اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد, اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان بن فلان فيبعث الله من ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نور وهدية يؤنسونه إلى يوم ينفخ فى الصور.

Diriwayatkan dari Rasulullah, Ia bersabda, “Tiada beban siksa yang lebih keras dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah shalat dua raka‘at. Di setiap raka‘at, ia membaca surat Alfatihah 1 kali, Ayat Kursi 1 kali, surat Attaktsur 1 kali, dan surat Al ikhlash 11 kali. Setelah salam, ia berdoa, ‘Allahumma inni shallaitu hadzihis shalata wa ta‘lamu ma urid. Allahummab ‘ats tsawabaha ila qabri fulan ibni fulan (sebut nama mayit yang kita maksud),’ Tuhanku, aku telah lakukan shalat ini. Kau pun mengerti maksudku. Tuhanku, sampaikanlah pahala shalatku ini ke kubur (sebut nama mayit yang dimaksud), niscaya Allah sejak saat itu mengirim 1000 malaikat. Tiap malaikat membawakan cahaya dan hadiah yang kan menghibur mayit sampai hari Kiamat tiba.” [Syech Nawawi Albantani, Nihayatuz Zain]

Hadiah semacam ini dalam tradisi Islam Nusantara dikenal dengan berbagai sebutan sesuai kaedah local masing². Ada yang menyebutnya ‘tahlilan’, ada yang menyebutnya arwahan, ada yang menyebut samadiahan dan lain sebagainya. Semua itu merupakan perilaku terpuji yang telah mentradisi dalam wacana Islam Nusantara. Begitu pula dengan shalat hadiah dua rakaat untuk mayit, yang kesunnahannya dilakukan saat malam pertama mayit meninggal. Walaupun tak apa pula jika dilakukan setelah jauh² hari sepeninggal si mayit.
Pahala dari berbagai hadiah itu juga mengalir bagi kita yang masih hidup dan melakukannya, seperti yang diterangkan dalam sebuah hadits berikut..

أن فاعل ذلك له ثواب جسيم, منه أنه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه فى الجنة.

“Siapa saja yang melakukan sedekah atau shalat itu, akan mendapat pahala yang besar. Di antaranya, ia takkan meninggalkan dunia sampai melihat tempatnya di surga kelak.”

Sejumlah ulama menganjurkan akan baiknya shalat 2 raka‘at ini. Ringan dan mudah dilakukan, “Beruntunglah orang yang melakukan shalat ini setiap malam dan menghadiahkan pahalanya untuk mayit kaum muslimin.”

Mengenai shalat hadiah kepada orang yang baru meninggal dunia atau yang sudah lama meninggal dunia, dapat dilakukan setiap saat bagi sanak keluarga atau sahabat almarhum/almarhumah. Amalan ini telah dilakukan oleh para shalaf dan khalaf dari kalangan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Oleh karenanya, maka bagi yang mengamalkannya disyaratkan memenuhi salah satu syarat yaitu bertaqlid kepada Imam Syafi’i.

Diriwayatkan dari Nabi SAW, bahwasanya Beliau bersabda : “Tiada jua datang atas mayit yang terlebih keras pada malam yang pertama, maka kasihanilah kamu akan dia dengan shadaqah. Maka barang siapa tidak mampu olehnya akan shadaqah, maka hendaklah ia sembahyang dua raka’at, pada tiap² raka’at membaca : Surat Al Fatihah (1x),  Ayat Qursi (1x), Surat Al-Hakumuttakattakasur (1x),  dan Surat Al Ikhlas (10x)”.

Untuk dalil yang mengulas khusus tentang shalat hadiah ini memang tidak pernah diriwayatkan oleh nabi ataupun sahabat, kalaupun ada itu adalah dalil tentang shalat jenazah.
Tapi, apabila dikaitkannya shalat jenazah ini dengan ibadah yang lain akan erat hubungannya dengan ibadah haji badal, yang mana haji badal ini ada dasar masyruiyahnya.
Tetapi untuk shalat ini, ane belum menemukan dalil yang secara langsung menguraikan tentang shalat ini. baik untuk orang yang masih hidup atau pun untuk mereka yang sudah wafat. Baik hubungannya antara orang tua dan anak, atau pun tidak ada hubungannya.

Namun bila kita berniat ingin membahagiakan orang tua yang sudah di alam barzakh, kita masih bisa melakukan banyak hal. Dan tentunya pahalanya akan bisa disampaikan kepada almarhum.
Misalnya,kita berdoa memohon kepada Allah SWT agar almarhum di alam kuburnya diberikan kelapangan, cahaya, kenikmatan dan kebahagiaan. Doa yang kita panjatkan ini insya Allah akan dikabulkan, asalkan memenuhi semua syarat dan aturan dalam berdoa. Esensinya bisa dalam bentuk memintakan ampunan kepada Allah SWT.

Jadi Kesimpulannya,
SHALAT dalam bentuk apapun juga, itu namanya DO’A yaitu permohonan kepada Allah dengan mengingat Allah SWT, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain siapapun dia, apakah yang masih hidup ataupun mereka yg sudah tiada. Ternyata setiap kita shalat, maka saat duduk tasyahud akhir, WAJIB membaca do’a TAHYAT dimana shalat akan menjadi batal apabila duduk dalam duduk tasyahud akhir tidak membaca Doa Tahyat, yg didalamnya ada do’a selamat bagi para SHOLIHIN dan ”wa ala ‘ali (bagi Keluarga Rasulullah SAW dan Keluarganya Nabi Ibrahim as.)“. Itu berarti bahwa RAHMAT ALLAH TIDAK PERNAH ADA PUTUSNYA BAGI SELURUH MAKHLUK MANUSIA CIPTAAN ALLAH, baik bagi yang masih hidup ataupun yang sudah dialam barzakh. Memohon apapun juga kepada Allah lebih utama jika dilakukan dalam shalat, karena didalam shalat ada SUJUD dimana Rasulullah SAW bersabda, saat/momentum Hamba yg paling terdekat dengan Khaliknya untuk berdo’a.

SHALAT HADIAH adalah ”shalat untuk mendo’akan mereka yang sudah meninggal agar dapat diringankan/dibebaskan dari azab kubur“. ‘Ulama menamakannya shalat hadiah karena dalam penjelasan tentang shalat hadiah ini dijabarkan bahwa : ”Allah akan mengirimkan 1.000 Malaikat (ke liang lahat alam barzahknya si mayit) membawa NUR dan HADIAH kepada si Mayit yang amat sangat berguna bagi mayit hingga ditiupnya sangkakala." Wallahu a'lam..

Wallahu Waliyyut Taufiq'..

Semoga bisa menjadi ilmu dan amalan yang bermanfaat'..

HUKUM ARISAN DALAM ISLAM

00.21.00 Posted by Admin No comments

Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Melanjutkan pertanyaan dari Ukhti Anggie di Bekasi, yang menanyakan mengenai
Hukum arisan dalam islam, berikut penjelasannya..

Akhir² ini berkembang di tengah masyarakat kita bermacam² arisan, ada arisan motor, arisan haji, arisan gula, arisan semen dan lain-lain. Bagaimana sebenarnya hukum arisan dalam Islam, karena ada sebagian kalangan yang mengharamkannya. Apakah semua bentuk arisan dibolehkan atau di dalamnya ada perinciannya?

Sebenarnya apa sich arisan itu'?/ Di dalam beberapa kamus disebutkan bahwa Arisan adalah pengumpulan uang atau barang yang hbernilai sama oleh beberapa orang, lalu diundi diantara mereka. Undian tersebut dilaksanakan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya.

Hukum Arisan Secara Umum

Arisan secara umum termasuk muamalat yang belum pernah disinggung di dalam Al Qur’an dan As Sunnah secara langsung, maka hukumnya dikembalikan kepada hukum asal muamalah, yaitu dibolehkan. Para ulama menyebutkan hal tersebut dengan mengemukakan kaedah fikih yang berbunyi..

الأصل في العقود والمعاملات الحل و الجواز

“Pada dasarnya hukum transaksi dan muamalah itu adalah halal dan boleh “(Sa’dudin Muhammad al Kibyi, al Muamalah al Maliyah al Mua’shirah fi Dhaui al Islam Beirut, 2002, hlm.75)

Berkata Ibnu Taimiyah di dalam Majmu’ al Fatawa (29/ 18) : “Tidak boleh mengharamkan muamalah yang dibutuhkan manusia sekarang, kecuali kalau ada dalil dari al Qur’an dan Sunnah tentang pengharamannya..“

Para ulama tersebut berdalil dengan al Qur’an dan Sunnah sebagai berikut..

Pertama: Firman Allah SWT..

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُم مَّا فِي الأَرْضِ جَمِيعاً

“Dialah Zat yang menjadikan untuk kamu apa² yang ada di bumi ini semuanya.” (QS. Al Baqarah: 29)

Kedua: Firman Allah SWT..

أَلَمْ تَرَوْا أَنَّ اللَّهَ سَخَّرَ لَكُم مَّا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَأَسْبَغَ عَلَيْكُمْ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً

“Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah telah memudahkan untuk kamu apa² yang ada di langit dan apa² yang ada di bumi, dan Ia telah sempurnakan buat kamu nikmat²-Nya yang nampak maupun yang tidak nampak.” (QS.Luqman : 20)

Kedua ayat di atas menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan semua yang ada di muka bumi ini untuk kepentingan manusia, para ulama menyebutnya dengan istilah  _Al imtinan_ (pemberian). Oleh karenanya, segala sesuatu yang berhubungan dengan muamalat pada asalnya hukumnya adalah mubah kecuali ada dalil yang menyebutkan tentang keharamannya (Al Qurtubi, al Jami’ li Ahkam al Qur’an, Beirut, Dar al Kutub Al Ilmiyah 1993 : 1/174-175 ).

Dalam masalah “arisan“  tidak kita dapatkan dalil baik dari al Qur’an maupun dari as Sunnah yang melarangnya, berarti hukumnya mubah atau boleh.

Ketiga: Hadist Abu Darda’ ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

ما أحل الله في كتابه فهو حلال وما حرم فهو حرام وما سكت عنه فهو عفو فاقبلوا من الله عافيته فإن الله لم يكن لينسى شيئاً وتلا قوله تعالى :( وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا ) سورة مريم الآية 64

“Apa yang dihalalkan Allah di dalam kitab-Nya, maka hukumnya halal, dan apa yang diharamkannya, maka hukumnya haram. Adapun sesuatu yang tidak dibicarakannya, maka dianggap sesuatu pemberian, maka terimalah pemberiannya, karena Allah tidaklah lupa terhadap sesuatu. Kemudian beliau membaca firman Allah SWT (Dan tidaklah sekali-kali Rabb-mu itu lupa) –QS.Maryam : 64- “ (HR. Al Hakim, dan beliau mengatakan shahih isnadnya, dan disetujui oleh Imam Adz Dzahabi )

Hadist di atas secara jelas menyebutkan bahwa sesuatu (dalam muamalah) yang belum pernah disinggung oleh Al Qur’an dan Sunnah hukumnya adalah “afwun“ (pemberian) dari Allah atau sesuatu yang boleh.

Keempat: Firman Allah SWT..

وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.“ (QS. Al Maidah : 2)

Ayat di atas memerintahkan kita untuk saling tolong menolong di dalam kebaikan, sedang tujuan “arisan” itu sendiri adalah menolong orang yang membutuhkan dengan cara iuran secara rutin dan bergiliran untuk mendapatkannya, maka termasuk dalam katagori tolong menolong yang diperintahkan Allah SWT.

Kelima: Hadit Aisyah ra, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ أَقْرَعَ بَيْنَ نِسَائِهِ فَطَارَتْ الْقُرْعَةُ عَلَى عَائِشَةَ وَحَفْصَةَ فَخَرَجَتَا مَعَهُ جَمِيعًا

"Rasullulah SAW apabila pergi, beliau mengadakan undian di antara istri-istrinya, lalu jatuhlah undian itu pada Aisyah dan Hafsah, maka kami pun bersama beliau." (HR.Muslim no : 4477)

Hadist di atas menunjukkan kebolehan untuk melakukan undian, tentunya yang tidak mengandung perjudian dan riba. Di dalam arisan juga terdapat undian yang tidak mengandung perjudian dan riba, maka hukumnya boleh.

Keenam: Pendapat para ulama tentang arisan, diantaranya adalah pendapat Syech Ibnu Utsaimin dan Syech Ibnu Jibrin serta mayoritas ulama² senior Saudi Arabia. [Dr.Khalid bin Ali Al Musyaiqih, al Mua’amalah al Maliyah al Mu’ashirah (Fikih Muamalat Masa Kini) hal.69]. Syekh Ibnu Utsaimin berkata: “Arisan hukumnya adalah boleh, tidak terlarang. Barangsiapa mengira bahwa arisan termasuk kategori memberikan pinjaman dengan mengambil manfaat maka anggapan tersebut adalah keliru, sebab semua anggota arisan akan mendapatkan bagiannya sesuai dengan gilirannya masing²”. (Syarh Riyadhus Sholihin, Ibnu Utsaimin : 1/838)

Ini adalah hukum arisan secara umum, yaitu boleh. Tetapi walaupun begitu, kita juga perlu hati² karena ada sebagian bentuk arisan yang diharamkan dalam Islam, karena mengandung riba, penipuan dan merugikan pihak lain.

Wallahu Waliyyut Taufiq'..

Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat'..