Sabtu, 19 November 2016

SHALAWAT AL FATIH

00.40.00 Posted by Admin 9 comments


Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Melanjutkan pertanyaan dari Akhi Hery Sutrisno di Kelapa Dua Depok, yang menanyakan mengenai Keutamaan dan Manfaat Shalawat Al Fatih, berikut penjelasannya..

Diantara sekian banyak sighat shalawat nabi yang utama dan terkenal salah satunya adalah Shalawat Al Fatih. Shalawat ini memiliki rahasia² khusus dan Insyaa Allah orang yang istiqamah mengamalkannya akan diampuni segala dosanya oleh Allah ta'ala. Shalawat ini cukup umum di telinga masyarakat Indonesia karena sering di baca dalam berbagai majelis dan pengajian. Inilah bukti bahwa shalawat ini memang sangat masyur dan telah di baca kaum muslimin sejak jaman dahulu hingga sekarang.

Seperti apa sich yang namanya Shalawat Al Fatih itu? Manfaat dan keutamaan apa saja yang di peroleh bagi yang mengamalkannya'?

Shalawat Al Fatih itu adalah sebagai berikut..

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أَُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيمِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadin al-Faatihi limaa ughliq wal khaatimi limaa sabaq wan naashiril haqqa bil haqqi wal haadii ilaa shiraatikal mustaqiim shallallaahu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa ashhaabihi haqqa qadrihi wa miqdaarihil 'adziim..

Artinya:
"Ya Allah, bershalawatlah, bersalamlah dan berkatilah junjungan kami nabi agung Sayyidina MUHAMMAD shallallahu 'alaihi wa sallam yang merupakan sang pembuka segala sesuatu yang terkunci, dan sang penutup bagi yang telah lalu, sang penolong kebenaran dengan kebenaran, sang petunjuk kepada jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah bershalawat kepada beliau dan kepada keluarga serta para sahabat beliau dengan sebenar-benar kedudukan dan nilainya yang agung."

Manfaat dan Keutamaan Shalawat Al Fatih

Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Ala sayyidis Saadaat karya Syech Yusuf bin Ismail An Nabhani dijelaskan mengenai keutamaan shalawat Al Fatih sebagai berikut..

 وأما الصلاة الرابعة وهي اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق إلى آخرها. فقد ذكر سيدي أحمد الصاوي في شرحه على ورد الدردير أنها تسمى صلاة الفاتح وأنها تنسب لسيدي محمد البكري وذكر أن من صلى بها مرة واحدة فيع مره لا يدخل النار قال بعض سادات المغرب أنها نزلت عليه في صحيفة من الله

Artinya:
"Adapun shalawat yang keempat yang berbunyi _Allahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadin al Fatihi lima ughliq wal khaatimi limaa sabaq_ hingga akhir, maka sungguh Syech Al Imam Ahmad Ash Shawi telah menyebutkan dalam kitab syarahnya atas kitab Wird Ad-Dardir bahwasanya shalawat tersebut bernama shalawat Al Fatih dan sesungguhnya ia dinisbatkan kepada Syech Muhammad Al Bakri. Dan disebutkan pula bahwasanya barangsiapa yang bershalawat dengan shalawat tersebut sebanyak satu kali dalam hidupnya maka ia tidak akan masuk neraka. Sebagian kaum terpandang negeri Maghrib menyatakan bahwasanya shalawat Al fatih ini diturunkan langsung dari Allah ta'ala dalam bentuk shahifah atau lembaran."

وقال بعضهم المرة منها تعدل عشرة آلاف وقيل ستمائة ألف من داوم عليها أربعين يوماً تاب الله عليه من جميع الذنوب ومن تلاها ألف مرة في ليلة الخميس أو الجمعة والاثنين اجتمع بالنبي صلى الله عليه وسلم وتكون التلاوة بعد صلاة أربع ركعات يقرأ في الأولى سورة القدر وفي الثانية الزلزلة كذلك وفي الثالثة الكافرون كذلك وفي الرابعة المعوذتين ويخر عند التلاوة بعود وإن شئت فجرب ا.ه

Artinya:
"Sebagian mereka menyatakan bahwa membaca shalawat ini satu kali sama nilainya dengan membaca shalawat 10.000 kali, bahkan ada dikatakan sebanding dengan 600.000 kali. Barangsiapa yang mendawamkan diri mengamalkannya selama 40 hari maka ia akan diampuni oleh Allah dari segala dosa, dan barangsiapa yang mengamalkannya sebanyak 1000 kali di malam kamis, malam jumat atau malam senin, maka ia akan berkumpul dengan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Adapun cara pengamalannya yaitu dengan membacanya setelah shalat empat rakaat yang mana rakaat pertama setelah Al fatihah membaca surah Al Qadr, rakaat kedua setelah fatihah membaca surah Az Zalzalah, pada rakaat ketiga setelah fatihah membaca surah Al Kafirun, dan rakaat keempat setelah fatihah membaca surah Al Mu'awwidzatain."

وذكرها الأستاذ السيد أحمد دحلان رحمه الله في مجموعته وقال أنها منسوبة لسيدي القطب الكامل السيد الشريف الشيخ عبد القادر الجيلاني رضي الله عنه. قال وهي مما هو نافع للمبتدىء والمنتهى والمتوسط فقد ذكر كثير من العارفين لها من الأسرار والعجائب ما تتحير فيه الألباب وأن من واظب عليها كل يوم مائة مرة انكشف له كثير من الحجب وحصل له من الأنوار وقضاء الأوطار ما لا يعلم قدره إلا الله ا.ه

Artinya:
 "Al Ustadz As Sayyid Ahmad Dahlan rahimahullahu menyebutkan shalawat al fatih di atas dalam kitab majmu'ahnya dan beliau berkata bahwasanya shalawat tersebut dinisbatkan kepada Sayyidi Al Quthb Syech Abdul Qadir Al Jilani radhiyallahu 'anhu, dan beliau juga berkata bahwa shalawat al fatih ini merupakan diantara amalan yang bermanfaat bagi para pemula, tingkat tinggi dan tingkat menengah. Sungguh, banyak ulama ahli makrifat telah menyebutkan rahasia² dan keajaiban² yang membuat mereka yang memiliki mata batin terkesima, dan sesungguhnya barangsiapa yang mendawamkan diri untuk mengamalkannya setiap hari sebanyak 100 kali maka akan tersingkap baginya berbagai hijab dan ia akan mendapatkan nur pencerahan dan kebutuhan²nya akan terpenuhi dengan satu nilai yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali hanya oleh Allah ta'ala."

ويؤيد أنها لسيدي محمد البكري كما قاله العارف الصاوي أن محدث الشام الشيخ عبد الرحمن الكزبري الكبير رحمه الله ذكرها مع جملة فوائد في خاتمة إجازته للشيخ البديري القدسي ونسبها لسيدي محمد البكري. فقال ومنها أي الفوائد الذي أخذها عن مشايخه الصيغة المنسوبة للأستاذ القطب محمد البكري أخذتها أيضاً عن بعضهم. ونقل أن صاحبها الأستاذ قال من قرأ هذه الصلاة مرة واحدة في عمره ودخل النار يقبضني بين يدي الله تعالى وهي اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق الناصر الحق بالحق الهادي إلى صراطك المستقيم صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه حق قدره ومقداره العظيم انتهت عبارة الكزبري وهي بلا واو عطف قبل الناصر وقبل الهادي

Artinya:
"Dikuatkan lagi bahwasanya shalawat al fatih di atas adalah milik sayyidi Syech Muhammad Al Bakri sebagaimana dikatan oleh Al Arif Ash Shawi bahwa seorang muhadits dari tanah Syam atau Syira sekarang yang bernama Syech Abdurrahman Al Kazbiri al Kabir rahimahullahu ta'ala menyebutkan shalawat di atas bersama beberapa faidah dalam khatimah kitab ijazahnya kepada Syech A Badiri Al Qudsi, dan beliau menisbatkannya kepada sayyidi Muhammad Al Bakri. Beliau berkata bahwa diantara faidah yang diambil dari para gurunya adaah ijazah dalam bentuk shalawat yang dinisbatkan kepada As Sayyid Al Quthub Muhammad Al Bakri yang dia juga dapatkan dari salah seorang kaum makrifat, dan disebutkan bahwa pemilik shalawat tersebut adalah beliau. Beliau berkata, "Barangsiapa yang membaca shalawat ini satu kali sepanjang umurnya, maka ia akan menjaganya dari genggaman Allah ta'ala.
Shalawat tersebut adalah sebagai berikut:

اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق الناصر الحق بالحق الهادي إلى صراطك المستقيم صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه حق قدره ومقداره العظيم

yang tanpa adanya wawu 'athaf sebelum lafal an Naashir dan sebelum lafal Al Haadii.."

Lalu bila ingin mengamalkan Shalawat Al Fatih ini waktu yang lebih afdhal itu kapan?
Mengenai shalawat al fatih, ane mendapatkan ijazah pengamalan langsung dari Syech Muhammad Alwi Al Maliki qaddasallaahu sirrahul 'aziiz, seorang ulama besar asal kota suci Makkah Al Mukarramah yang beliau juga dapatkan dari Syech Abdul Qadir Al Jilani. Bagi yang menginginkan sambung sanad ijazah shalawat fatih ini silakan mengetikkan "Qabiltu" dalam coment nanti dan diamalkan sesuai ijazah yang ane terima yaitu mengamalkannya sebanyak 100 kali setiap selesai shalat dzuhur."

Wallahu Waliyyut Taufiq'..

Semoga bisa menjadi ilmu dan amalan yang bermanfaat'..

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Apakah sholawat al fatih bisa di jadikan amalan untuk meminta apapun yang di inginkan

Unknown mengatakan...

قبلت

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Cak Umam mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

قبلت

Anonim mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu