Minggu, 20 November 2016

HIZIB PARA WALI

01.16.00 Posted by Admin No comments

Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Melanjutkan pertanyaan dari Akhi Hery Sutrisno di Kelapa Dua Depok, yang menanyakan mengenai Hizib serta manfaat dan keutamaannya, berikut penjelasannya..

Hizib adalah amalan doa/wirid yang dibuat oleh para Wali atau Ulama. Hizib sangat banyak ragamnya dan biasanya dinamai sesuai nama penyusun Hizib tersebut. Misalnya Hizib Nawawi adalah amalan hizib yang disusun oleh Syech Muhyiddin Zakariyya Yahya An Nawawi, Hizib Al Jaelani yaitu amalan hizib yang di susun oleh Syech Abdul Qadir Jaelani, dan masih banyak hizib lainnya dari beberapa para wali Allah.

Orang² yang mampu menyusun hizib tentu saja bukanlah orang sembarangan. Mereka adalah orang² yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk memahami rahasia² huruf dan ayat Allah. Sehingga, dengan karunia Allah tersebut, mereka bisa menyusun hizib yang punya berbagai macam manfaat dan keutamaan.

Setiap hizib biasanya punya karakter dan keunikan masing². Kita bisa memilih amalan hizib sesuai dengan kebutuhan kita. Namun apabila kita bingung memilih hizib yang cocok, kita bisa konsultasikan dengan guru atau yang sudah paham dengan hal ini.

Di dalam kelompok pengamal ilmu kebatinan, hizib diamalkan untuk memohon pertolongan Allah SWT dan untuk menunjang berbagai hajat lainnya.

Dalam tradisi arab, kata hizib semula ditandai untuk merujuk sesuatu yang “berduyun-duyun” dan “berkelompok”. Itulah makanya ada kata “Hizbullah”, artinya “sekumpulan” bala tentara yang berjuang atas nama Allah SWT, tetapi kata Hizbullah sendiri kadang juga digunakan untuk menyebut para Malaikat.

Masih segar dalam ingatan kita, ketika Rasulullah SAW dan para sahabat bertempur melawan kaum musyrikin dalam perang badar, Allah SWT sengaja mendatangkan 5000 pasukan sebagai bala bantuan yang bertandakan putih, mereka adalah para malaikat (Hizbullah).
  
Ternyata untuk selanjutnya perkembangan kata hizib dalam tradisi thoriqot atau yang berkembang di pesantren adalah untuk “menandai” sebuah bacaan² tertentu. Misalnya hizib yang khusus dibaca pada hari Jum’at, yang dimaksud adalah wirid² tertentu yang cukup dibaca pada hari Jum’at. Secara harfiah hizib dapat diartikan sebagai golongan, atau kelompok bahkan ada yang mengartikan sebagai tentara (pasukan ghoib).

Hizib popular di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya didalam lingkungan pondok pesantren. Penyusun hizib selalu dikaitkan dengan tokoh pengasas atau pemimpin aliran tasawuf, sufi atau tarekat.
Tujuan asal hizib adalah untuk diamalkan supaya diri seseorang yang mengamalkan hizib tersebut menjadi dekat dengan Allah SWT, dengan harapan semoga Allah SWT meridhai orang yang mengamal Hizib tersebut didunia hingga akhirat, karena hizib adalah termasuk kedalam kategori doa atau dzikir yang bertujuan untuk memperkuat keimanan (Tauhid) pengamal tersebut.

Hizib Syech Abdul Qadir Al Jaelani

Sebagaimana yang telah ane jelasin di atas, bahwa hizib itu ada beberapa macamnya. Salah satu hizib yang terkenal adalah hizib Al Jaelani yang di susun oleh Syech Abdul Qadir Jaelani.

Hizib ini berisi kumpulan doa dan ayat Al Qur'an, dan merupakan hizib yang di nisbatkan kepada Syech Abdul Qadir Al Jaelani, raja dirajanya para wali dan para kekasih Allah.

Berikut hizib Al Jaelani yang ane kutip dari Kitab Mujarabat..

رَبِّ اِنِّي مَغْلُوْبٌ فَانْتَصِرْ وَاجْبُرْ قَلْبِي المُنْكَسِرْ وَاجْمَعْ شَمْلِي المُنْدَثِرْ اِنَّكَ اَنْتَ الرَّحْمَنُ المُقْتَدِرْ وَاكْفِنِي يَا كَافِي فَأَنَا العَبْدُ المُفْتَقِرْ وَكَفَي بِا للهِ وَلِيًّا وَكَفَي بِاللهِ نَصِيْرًا اِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ وَمَا اللهُ يُرِيْدُ ظُلْمًا لِلْعِبَادِ فَقُطِعَ دَابِرُ القَوْمِ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا وَالحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Rabbi innii maghluubun fantashir. Wajbur qalbil munkasir. Wajma' syamlil mundatsir innaka antarrahmaanul muqtadir Wakfinii yaa kaafii fa anal 'abdul muftaqir wa kafaa billaahi waliyyan wa kafaa billaahi nashiiraa innasy Syirka ladzulmun 'adziim. wamallaahu yuriidu dzulman lil'ibaad. Faquthi'a daabirul qaumilladziina dzalamuu walhamdulillaahi rabbil 'aalamiin..

Artinya:
"Wahai Allah, aku telah kalah (kalah oleh tubuh dan nafsuku hingga tak mampu terus-menerus berdzikir dan mendekat kepadaMu), maka berilah pertolongan.
Maka hiburlah hati yang telah hancur ini.
Maka padukanlah kemuliaan dan kesempurnaan yang telah terselubung, sungguh Engkau Yang Maha Pengasih dan maha Menentukan.
Cukupkanlah bagiku (cukupilah segala kebutuhanku) dan aku adalah hamba yang sangat membutuhkan uluran bantuan dari-Mu.
Dan cukuplah sudah Allah sebagai Dzat yang diandalkan, dan cukuplah sudah Allah sebagai penolong.
Sungguh menduakan Allah merupakan kejahatan atau kedzaliman yang amat besar, dan tiadalah Allah itu menginginkan kejahatan  dan kegelapan bagi hamba-hamba-Nya.
Maka terputuslah segala tipu daya dan usaha mereka yang berbuat kejahatan dan segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam."

Cara Pengamalannya:

1. Bacalah doa di atas sebanyak tujuh kali setiap ba'da shalat maghrib dan tujuh kali setiap ba'da shalat subuh.

2. Sebelum membacanya, ada baiknya berkirim hadiah bacaan fatihah kepada:

• Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam (1x)

• Keluarga beliau dan para sahabat beliau (1x)

• Syech Abdul Qadir Jailani (1x)

• Para ulama Al Amilin (1x)

• Kaum muslimin seluruhnya (1x)

3. Bacalah doa di atas dengan baik, tulus ikhlas, yakin, dan istiqamah.

Perhatikan adab dalam berdoa. Adab ini sangat penting agar amalan di atas mujarab.

Manfaat dan fadhilah dari Hizib Al Jaelani

Hizib atau doa wirid Al Jaelani ini apabila diamalkan maka memiliki khasiat yang banyak, diantaranya sebagai berikut..

  1. Akan hilangnya kesusahan, bagaimanapun besar kesusahan yang dirasakan.
  2. Akan dihilangkan keprihatinan dalam hidup.
  3. Akan diluaskan rizki, sehingga mengucur deras sebagaimana kucuran air hujan dari langit.
  4. Akan selamat dari setiap orang yang hendak berniat jahat. Sebab doa ini merupakan permohonon perlindungan kepada Allah Ta'alaa.
  5. Akan dijauhkan dari sihir, teluh, santet dan sebangsanya. Apapun sihirnya, insya Allah tidak akan bisa membahayakannya. Sebab ini doa untuk mengalahkan para dukun yang beramal menggunakan amalan setan.


Wallahu Waliyyut Taufiq'..

Semoga bisa menjadi ilmu dan amalan yang bermanfaat'..

0 komentar: