Kamis, 03 November 2016

SHALAT TASBIH

01.14.00 Posted by Admin No comments


Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Melanjutkan pertanyaan dari Ukhti Resta di Jakarta yang menanyakan soal Bagaimana tata cara shalat sunat tasbih, berikut penjelasannya..

Apa Itu Shalat Sunah Tasbih?

Shalat sunah tasbih adalah shalat sunah yang maksudnya memperbanyak tasbih kepada Allah SWT dengan cara² khusus. Pengertian lain dari Shalat tasbih adalah shalat yang di dalamnya banyak membaca tasbih, sehingga dalam 4 rakaat yang dikerjakan itu bacaan tasbihnya berjumlah 300 tasbih.

Sholat sunah tasbih sangat dianjurkan untuk diamalkan. Kalau bisa dilakukan setiap malam. Jika tidak bisa maka dilakukan sekali seminggu. Jika tidak bisa dilakukan sekali sebulan. Kalau tidak bisa juga dapat dilakukan sekali setahun. Kalau tidak bisa juga dilakukan pada tiap tahun, setidak-tidaknya sekali dalam seumur hidup.

Bagaimanakah Cara Shalat Tasbih Itu?

Cara shalat tasbih, sebenarnya sama prakteknya dengan mengerjakan shalat sunah pada umumnya. Yang jadi perbedaan bisa dilihat dari nama shalatnya itu sendiri yaitu pembacaan lafadz tasbih pada bagian² tertentu dalam sholat yang jumlahnya mencapai 300 kali.

Hukum Sholat Tasbih

Mayoritas ulama fiqih dari mazhab Syafi'i menyatakan bahwa shalat tasbih ini sunah dikerjakan. Sedangkan mazhab lain ada yang berpendapat bahwa hukumnya sampai derajat boleh dan tidak sunah dengan alasan haditnya dhaif.

Waktu Dan Jumlah Rakaat

Tidak ada ketentuan khusus kapan dan sebab shalat tasbih ini dilaksanakan, asalkan tidak dikerjakan pada waktu yang terlarang saja. Waktu yang terlarang melaksanakan shalat sunat adalah setelah shalat ashar dan setelah subuh. Hanya dianjurkan kita bisa melaksanakan shalat tasbih ini minimal satu kali sehari, jika tidak mampu bisa seminggu sekali utamanya pada hari Jumat. Kalau tidak mampu juga, lakukan sebulan sekali saja dan kalau pun tidak mampu, lakukan setahun sekali. Itulah kenapa sebagian para ulama memanfaatkan malam nisfu sya'ban sebagai moment untuk mengingatkan melaksanakan sholat tasbih khususnya pada kaum awam, masa satu tahun sekali saja tidak melaksanakan sholat tasbih pun.

Adapun jumlah rakaat sholat tasbih adalah 4 rakaat. Jika dikerjakan pada malam hari, maka hendaknya dilaksanakan 2 rakaat-2 rakaat. Tapi jika dilaksanakan pada siang hari, lakukanlah 4 rakaat sekaligus dengan satu salam, bisa dengan satu tasyahud atau bisa juga dua tasyahud seperti halnya sholat zhuhur.

Cara Melakukan shalat Tasbih

Seperti biasa, setiap melaksanakan shalat harus didahului dengan niat. Untuk niat shalat tasbih, selain niat di dalam hati yang wajib dilakukan, juga sebagian besar ulama fiqih mensunatkannya sambil membaca lafadz niat sholat tasbih. Ini dia lafadz niatnya..

Niat shalat sunah tasbih 2 rakaat :

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى

Ushallii sunnatat tasbiihi rak'ataini lillaahi ta'aalaa..
Niat shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah..

Niat shalat sunah tasbih 4 rakaat :

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال

Ushallii sunnatat tasbiihi arba'a raka'aatil lillaahi ta'aalaa..
Niat shalat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah..

Berdasarkan kesepakatan para Ahli Fiqih (Ittifaq Fuqoha'), letak niat ada di dalam hati (wajibnya). Dan menurut Jumhur Fuqoha' (Mayoritas Ahli Fiqih) kecuali Maliki, bahwa "pengucapan" niat dengan lisan hukumnya sunnah, hal ini karena membantu hati dalam merealisasikan niat tersebut. Agar pengucapan dan pelafalan itu membantu "daya ingat", sedangkan Maliki tidak memandangnya sunnah karena tidak manqul dari Nabi saw..

Berikut Tata Cara Urutan Shalat Tasbih

1. Niat shalat tasbih lalu takbiratul ihram.

2. Membaca surat alfatihah 1 kali, kemudian dilanjutkan membaca surah al kafiruun. Lebih utama lagi membaca surah surah alquran yang dimulai dengan kalimat tasbih seperti surat al hadid , al hasyr, ash shaff. 

3. Sesudah membaca surah dilanjutkan dengan membaca tasbih 15 kali.

4. Ruku. Selesai membaca doa ruku, membaca tasbih sebanyak 10 kali.

5. I'tidal, lalu membaca tasbih lagi 10 kali.

6. Sujud. Selesai membaca doa sujud lalu membaca tasbih 10 kali 

7. Duduk diantara dua sujud. Selesai membaca doa duduk diantara dua sujud di lanjutkan membaca tasbih 10 kali. 

8. Lalu sujud kembali dengan membaca doa sujud, setelah itu membaca tasbih 10 kali. 

9. Pada waktu duduk istirahat sebelum berdiri atau sebelum salam, membaca tasbih 10 kali 

10. hal ini dilakukan pada setiap rakaat sampai 4 rakaat. 

Jumlah hitungan tasbih pada setiap rakaat adalah 75. Dan jika di jumlah bacaan tasbih 4 rakaat maka semua menjadi 300 bacaan tasbih.

Bacaan tasbih yang dibaca adalah:

سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله الله اكبر

Subhaanallaah wal hamdu lillaah wa laailaaha illallaahu wallaahu akbar..
Maha suci Allah, segala piji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar.

Akhi Ukhti, sungguh sangat besar keutamaan dari shalat tasbih ini.
Dalam sebuah hadits riwayat 'Akramah menyatakan bahwa orang yang melaksanakan 4 rakaat shalat tasbih, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lampau dan yang saat ini baik yang disengaja maupun yang tak disengaja, baik dosa yang terlihat maupun dosa yang samar. wallahu'alam..

Wallahu Waliyyut Taufiq..

Semoga bisa menjadi ilmu dan amalan yang manfaat'..

0 komentar: