Jumat, 17 Maret 2017

4 KIAT SELAMAT DARI SIFAT MUNAFIK

07.24.00 Posted by Admin No comments


Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Bagaimana kita bisa selamat dari sifat munafik (kemunafikan)?

Ane pernah bertanya kepada salah satu guru ane, Syech Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah mengenai pertanyaan diatas. Lalu inilah jawaban beliau..

Cara selamat dari sifat munafik adalah sebagai berikut..

1. Melatih diri agar terus bisa ikhlas kepada Allah. Ini dilakukan sebelum lainnya.

2. Menjauhkan diri dari sifat munafik.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits mengenai sifat munafik, “Jika berjanji, maka ia ingkari. Jika berbicara, ia berdusta. Jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi. Jika diberi amanat, ia khianat.” Ini semua termasuk amalan kemunafikan. Siapa yang membiasakan sifat² termasuk, maka ia bisa terjatuh pada kemunafikan yang besar. Wal’iyadzu billah (kepada Allah lah kita berlindung).

3. Hati² akan godaan setan karena setan terus memerintahkan untuk lalai dalam ibadah. Setan membisikkan, tidaklah perlu untuk shalat, tidaklah perlu untuk beribadah. Setan juga membisikkan, jangan melakukan shalat sunnah, nanti terjangkiti riya’. Bisikan setan semacam ini wajib disingkirkan dan tidak perlu dipedulikan. Kalau tidak dipedulikan bisikan tersebut, maka tidak akan membahayakan kita.

4. Setiap perkataan kita mestilah jujur, hendaklah kita menepati janji, menunaikan amanah, tidak berbuat zalim ketika berselisih.

Semoga Allah Ta'alaa senantiasa memelihara dan melindungin diri kita dari sifat munafik..

Wallahu Waliyyut Taufiq Was Sadaad'..

Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat'..

0 komentar: