Rabu, 12 April 2017

ORANG YANG BIASA KE MASJID ITULAH AHLI IMAN

00.47.00 Posted by Admin No comments

Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Inilah hadits yang menyatakan bahwa orang yang terbiasa ke masjid, itulah ahli iman.

Hadits no.1060 dari Kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi..

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

إِذَا رَأَيْتُمُ الرَّجُلَ يَعْتَادُ الْمَسَاجِدَ فَاشْهَدُوا لَهُ بِالإِيمَانِ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى (إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ) الآيَةَ

“Apabila kalian melihat seseorang biasa ke masjid, maka saksikanlah bahwa ia beriman. Allah Ta’ala berfirman, Orang yang memakmurkan masjid² Allah adalah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir.” (QS. At Taubah: 18). (HR. Ibnu Majah no.802, Tirmidzi no.3093. Al Hafih Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if. Syech Salim bin ‘Ied Al Hilali menyatakan sanad hadits ini dha’if)

Kesimpulan Hadits

1. Makna hadits di atas sudah ditunjukkan dalam ayat yang disebut (surat At Taubah ayat 18), sehingga maknanya tetap benar (shahih). Siapa saja yang memakmurkan masjid dengan dzikir, shalat dan membaca Al Qur’an, merekalah orang yang beriman (ahli iman).

2. Hadits ini menunjukkan perintah shalat berjama’ah. Melaksanakan shalat berjamaah itu termasuk sunanul huda (petunjuk Rasul) yang diperintahkan untuk dilaksanakan di masjid.

3. Memakmurkan masjid termasuk amalan paling mulia dalam Islam.
Memakmurkan masjid ada dua bentuk yaitu memperhatikan luarnya (seperti memakmurkan dan menjaga kebersihan masjid) dan memperhatikan ruh di dalamnya (seperti menjaga agar masjid digunakan untuk shalat, dzikir, amalan sunnah hingga diadakannya majelis ilmu).

4. Ingatlah, iman itu sumber kebahagiaan.

Wallahu Waliyyut Taufiq Was Sadaad'..

Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat'..

0 komentar: