Kamis, 17 November 2016

MEMULAI PERTENGAHAN SURAT APAKAH DENGAN TA'AWUDZ ATAU BISMILLAH?

01.47.00 Posted by Admin No comments

Assalamu'alaikum Akhi Ukhti'..

Apa memulai membaca Al Qur’an itu dengan bismillah atau ta’awudz ketika memulainya dari pertengahan surat?

Syech Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah, ulama besar kerajaan Saudi Arabia pernah ditanya,
“Wahai Syech yang mulia, kata sebagian ulama, disunnahkan membaca pertengahan surat dimulai dari bacaan bismillah sebagaimana kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Setiap perkara penting yang tidak dimulai di dalamnya dengan bismillahirrahmanirrahim, maka amalannya terputus berkahnya.’
Apakah membaca bismillah ketika itu disunnahkan ataukah tidak disyari’atkan?”

Syech Al ‘Utsaimin menjawab, yang tepat membaca bismillah (basmalah) ketika memulai dari pertengahan surat tidaklah disunnahkan. Karena Allah Ta’ala berfirman,

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An Nahl: 98)

Dan kita tidak diperintahkan selain membaca ta’awudz ketika memulai membaca Al-Qur’an. Selama tidak ada dalil khusus, maka tetap memulai membaca Al Qur’an dengan bacaan ta’awudz (berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk). Ayat di atas mengkhususkan dalil yang sifatnya umum yaitu sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Setiap perkara penting yang tidak dimulai di dalamnya dengan bismillahirrahmanirrahim, maka amalannya terputus berkahnya.”
(Liqa’ Al Bab Al-Maftuh, 6: 10)

Kesimpulannya, jika memulai membaca Al Qur’an, mulailah dengan bacaan ta’awudz, termasuk jika dimulai dari pertengahan surat. Sedangkan kalau memulai dari awal surat, maka mulailah dengan ta’awudz dan basmalah..

Wallahu Waliyyut Taufiq'..

Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat'..

0 komentar: